Senin, 21 November 2016

7 Penyakit Yang Diakibatkan Kolesterol Tinggi

7 Penyakit Yang Diakibatkan Kolesterol Tinggi 

7 Penyakit Yang Diakibatkan Kolesterol Tinggi - Tubuh kita memerlukan kadar kolesterol normal agar slalu sehat, sebab jika kadar kolesterol berada dalam kadar yang tinggi dalam jangka waktu yang lama, maka akan menimbulkan masalah kesehatan. Beberapa penyakit akibat kolesterol tinggi seperti serangan jantung, stroke dan lain-lain.

Kolesterol merupakan zat lemak yang dibuat oleh hati dan didistribusikan ke semua bagian tubuh. Kolesterol ini berperan bagi tubuh kita untuk membuat Vitamin D dan hormon, dan membuat asam empedu. Kita mendapatkan kurang dari 25% dari total kolesterol tubuh dari makanan yang kita makan, terpenting lemak hewani. Kadar kolesterol tinggi bearti dalam darah kita terkandung lebih banyak kolesterol dibanding yang kita perlukan.

Tetapi, kebanyakan orang yang memiliki kolesterol tinggi tidak mempunyai gejala yang jelas. Salah satu cara agar mengetahui apakah kadar kolesterol kita tinggi adalah melakukan tes darah. Apabila kita terbukti memiliki kolesterol tinggi maka sangat dianjurkan melakukan pola makan, olahraga, dan obat-obatan untuk membantu menurunkan kolesterol dan mengurangi resiko penyakit jantung dan penyakit lainya akibat kolesterol tinggi.

Gangguan Sirkulasi Yang Disebabkan Kolesterol Tinggi

Penyakit Jantung Koroner

Resiko utama akibat kolesterol tinggi adalah penyakit jantung koroner (PJK). Kadar kolesterol darah yang tinggi dapat meningkatkan resiko terkena penyakit jantung. Apabila kolesterol terlalu tinggi maka dapat menumpuk di dinding pembuluh darah arteri. Seiring waktu penumpukan ini disebut plak menyebabkan pengerasan arteri. Keadaan ini mengakibatkan arteri menyempit, memperlambat aliran darah ke jantung. Hal ini mengakibatkan angina (nyeri dada) atau serangan jantung apabila pembuluh darah tersebut sepenuhnya.

Stroke

Stroke dapat terjadi apabila pasokan darah ke bagian otak menjadi berkurang. Strroke terjadi apabila pembuluh darah yang membawa oksigen dan nutrisi ke otak tersumbat atau pecah. Disaat stroke terjadi, bagian otak tidak dapat mendapatkan darah dan oksigen yang dibutuhkan, sehingga jaringan otak dapat mati dan menimbulkan gejala kelumpuhan pada anggota gerak dan fungsi indera.

Penyakit pembuluh darah Darah Perifer 

Kolesterol tinggi dapat mengakibatkan penyakit pembuluh darah perifer (PAD), yang mengacu pada penyakit pembuluh darah di luar jantung dan otak. Pada PAD, Mekanismenya sama dengan diatas, penumpukan di sepanjang dinding arteri dan mempengaruhi sirkulasi darah, terutama di arteri yang mengarah ke kaki.

Diabetes  Melitus Tipe 2

Diabetes tipe 2 yaitu penyakit lain yang dapat membuat akibat kolesterol tinggi menjadi banyak, sebab diabetes bisa mempengaruhi kadar kolesterol. Bahkan apabila gula darah terkontrol dengan baik, orang-orang dengan diabetes cenderung mempunyai trigliserida tinggi, penurunan HDL, dan kadang-kadang meningkatkan LDL ( Kolesterol jahat). Hal ini menambah kemungkinan mengembangkan penyempitan di arteri.

Tekanan Darah Tinggi

Tekanan darah tinggi (hipertensi) dan kolesterol tinggi juga berhubungan erat. Ketika arteri menjadi mengeras. dan menyempit dengan plak kolesterol dan kalsium (Aterosklerosis), jantung harus bekerja lebih keras untuk memompa darah melalui pembuluh darah tersebut. Dampaknya tekanan darah menjadi tinggi yang tidak normal.

Disfungsi ereksi (ED) 

Pembuluhdarah di p*n*s lebih kecil daripada di bagian lain dari tubuh, sehingga difungsi ereksi dapat menjadi tanda peringatan awal dari penyempitan arteri. Penyempitan bisa disebabkan oleh penyumbatan batu empedu. Dan ditemukan lebih dari 80% batu empedu adalah batu kolesterol.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar