Senin, 14 November 2016

Cara Mudah Untuk Menangkal Kolesterol Tinggi

Cara Mudah Untuk Menangkal Kolesterol Tinggi 

Cara Mudah Untuk Menangkal Kolesterol Tinggi - Cara Mudah Untuk Menangkal Kolesterol Tinggi - Makanan seperti gorengan , daging olahan, makanan cepat saji sampai es krim adalah kudapan yang tak lepas dari kehidupan sehari-hari. Tetapi pola makan dengan kadar lemak yang berlebihan bisa beresiko menyebabkan kolesterol tinggi. 

"Berdasarkan data WHO tahun 2011, diperkirakan sekitar 35% penduduk Indonesia mempunyai kadar kolesterol lebih tinggi dari batas normal. Sekitar 90 juta orang,". Kadar kolesterol yang tinggi di dalam tubuh tentu beresiko mengakibatkan gangguan kesehatan, salah satunya merupakan penyakit jantung koroner. meski dalam beberapa kasus kadar kolesterol yang tinggi disebabkan oleh faktor genetik, secara umum kadar kolesterol dapat di kontrol dengan melakukan penerapan pola makanan yang seimbang.

Dengan menurunkan 10% kolesterol, resiko penyakit jantung pun menurun sekitar 20-50%. Oleh sebab itu, Olavi mendorong masyarakat Indonesia untuk lebih peduli terhadap kadar kolesterol masing-masing. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mencegah kadar kolesterol tinggi yaitu melalui "7 Cara Menangkal Kolesterol Tinggi". Dibawah ini merupakan cara cara menangkal kolesterol.

Lengkapi Dengan Asupan Plant Stanol Ester 

Plant Stanol Ester telah terbukti mempunyai efek menurunkan kadar kolesterol dalam lebih dari 70 uji klinis. Konsumsi produk penurun kolesterol yang mengandung plant stanol ester secara  rutin selama dua hingga tiga minggu diketahui bisa menurunkan kadar kolesterol sekitar 10%. Konsumsi produk penurun kolesterol ini jug bisa membantu tubuh menjaga kestabilan kadar kolesterol didalam tubuh.

1 . Awasi Tekanan Darah 

Tekanan darah yang tidak terpantau baik tekanan darah tinggi atau rendah, beresiko menyebabkan terjadinya penyumbatan akibat kolesterol. Tekanan darah tinggi membuat kolesterol lebih mudah untuk menyumbat pembuluh darah. Sedangkan tekanan darah rendah membuat penimbunan kolesterol menjadi lebih mudah terjadi.

2 . Kendalikan Berat Badan Dan Hindari Stress

Kolesterol tinggi banyak dialami olrh orang yang mengadopsi pola makan tinggi lemak sebab gaya hidup tak sehat dan sibuk dengan pekerjaan. Di sisi lain, stres juga bisa memicu peningkatan kolesterol jahat yang pada akhirnya bisa menghambat produktivitas.

3 . Giat Berorahraga Dengan Senam B-Fit

Senam B-fit adalah senam yang mampu dilakukan di area kerja oleh masyarakat yang sebagian besar waktunya dihabiskan di kantor. Senam ini dilakukan dengan posisi tetap dalam keadaan duduk di bangku. Salah satu gerakan dalam senam ini yaitu sprint di mana tubuh dalam keadaan duduk, tetapi kaki menirukan gerakan berjalan dengan lutut di angkat ke atas dan ke bawah. Beberapa gerakan lain dari senam B-Fit yaitu jumping jack seat, elbow to knee dan seat kicking.

4 . Nikmati Hidup Tampa Rokok Dan Minuman Beralkohol

Kedua Gaya hidup ini tidak sehat bisa membuat kadar kolestereol menjadi tinggi sehingga beresiko menyebabkan terjadinya penyumbatan pembuluh darah yang berujung pada serangan jantung atau stroke. Sebaliknya, ketika seseorang berhenti merokok, kadar kolesterol baik di dalam tubuh akan meningkat. Berhenti merokok selama 15 tahun juga diketahui membuat mantan perokok mempunyai resiko penyakit jantung yang lebih rendah, yaitu sama dengan orang tidak merokok.

Di sisi lain, konsumsi alkohol yang berlebih juga bisa menambah kadart kolesterol, tekanan darah serta berat badan. Efek negatif lainya yang mungkin timbul dari konsumsi alkohol yaitu penyakit dinding otot jantung hingga kegagalan pompa jantung.

5. Teratur Periksa Kolestereol

Langkah ini penting dilakukan sebab tak jarang kadar kolesterol tinggi tidak menamoakkan gejala. Hal ini membuat kadar kolesterol yang tinggi kerap luput dicermati dan terlambat ditangani, maka resiko terkena penyakit jantung koroner dan stroke akan semakin meningkat.

6. Awasi Asupan Makan

Pola makan memegang peranan penting dalam menjaga kadar kolesterol dalam tubuh.  Ada lima makanan dengan kadar kolesterol jahat (LDL) yang harus dihindari masyarakat . yaitu kuning telur dengan 1.234 mg kolesterol/100gr, telur ikan dengan 588 mg kolesterol/100 gr, hati dengan 564 mg kolesterol/100 gr, mentega dengan 215 mg kolesterol/100 gr dan udang dengan 588 mg kolesterol/100 gr.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar