Selasa, 15 November 2016

Jenis Olahraga Yang Dapat Menurunkan Kadar Kolesterol Tinggi

Jenis Olahraga Yang Dapat Menurunkan Kadar Kolesterol Tinggi 

Jenis Olahraga Yang Dapat Menurunkan Kadar Kolesterol Tinggi  - Jenis Olahraga Yang Dapat Menurunkan Kadar Kolesterol Tinggi - Berorahraga memang dapat memberikan banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Berorahraga selain membuat badan terasa ringan dan fresh, juga bisa menurunkan kadar kolesterol tinggi. Jenis olahraga untuk menurunkan kolesterol tinggi sangatlah banyak.

Olahraga bukan hal yang membosankan apabila dilakukan secara teratur dan santai serta tidak berlebih. Penderita kolesterol tinggi sebenarnya disarankan aktif berorahraga, tetapi dengan teratur. 

Terkadang masih banyak penderita yang tidak begitu menyukai olahraga, Sehingga proses penurunan kolesterol dalam tubuh sangat melambat. Padahal cara menurunkan kolesterol tinggi sangat diperlukan dengan olahraga yang rutin dan teratur.

Kolesterol tinggi dalam darah yang dibiarkan terlalu lama akan berefek sangat mengkhawatirkan bagi kesehatan. Penderita kolesterol tinggi jika tidak segera melakukan tindakan untuk mengatasinya bisa menambah resiko terjadinya serangan penyakit. Penyakit yang kerap terjadi akibat kolesterol tinggi yaitu penyakit jantung dan stroke.


Hal ini dikarenakan sebab kolesterol sangat erat kaitanya dengan kesehatan pembuluh darah. Pengendapan kolesterol dalam pembuluh darah yang semakin menumpuk akan menyebabkan pembuluh darah mengalami penyempitan. Sehingga jantung bekerja lebih keras sebab kesulitan dalam memompa darah keseluruh tubuh. Membiasakan diri dengan berolahraga akan mendorong untuk mengaktifkan sel-sel tubuh yang tidak bekerja secara maksimal. Sehingga tidak akan mudah mengalami masalah pada pembuluh darah akibat kolesterol tinggi.

Untuk penderita kolesterol tinggi  yang malas melakukan olahraga selama melakukan diet untuk menurunkan kolesterol tinggi yang aktif melakukan aktivitas olahraga bisa membantu jantung dalam proses mengalirkan darah untuk mengantar oksigen dan nutriusi keseluruh tubuh.

Lancarnya sistem metabolisme tubuh dalam melakukan aktivitasnya tentunya akan mengurangi pengendapan kolesterol dalam tubuh. Sebab darah pada pembuluh darah mengalir dengan lancar.

Pasien yang mempunyai kolesterol tinggi diusahakan harus giat berolahraga atau setidaknya seminggu dua sampai tiga kali. Sebab kekurangan berolahraga bisa mengakibatkan kadar kolesterol sulit terkontrol.

Jenis Olahraga Untuk Menurunkan Kolesterol Tinggi

Dibawah ini merupakan beberapa jenis olahraga yang baik untuk menurunkan kadar kolesterol tinggi.

1. Aerobik

Senam aerobik mempunyai perazn yang sangat penting untuk membuat otot-otot organ jantung memompa darah lebih kuat dan stabil. Sehgingga bisa meningkatkan kinerja sistem metabolisme tubuh dalam melakukan pembakaran kadar lemak dalam darah.

2. Bersepeda

Berenang dan belari adalah jenis olahraga bertenaga yang bisa membuat kinerja organ jantung bekerja lebih cepat dan mampu merangsang pembentukan enzim tertentu untuk menguraikan kolesterol LDL dari darah ke hati untuk dikeluarkan dari tubuh dalam bentuk keringat maupun urin.

3. Yoga

Menurut hasil dari sebuah penelitian senam yoga secara rutin bisa bermanfaat untuk menurunkan kolesterol LDL sampai 35%. Dan juga, yoga juga bisa merangsang pembekuan kadar HDL dalam tubuh meningkat.

4. Taichi

Menurut hasil dari sebuah penelitian, gerakan taichi yang dilakukan secara rutin dapat menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dalam jumlah besar yaitu 12% sampai 15% dan mampu menambah kadar HDL dalam tubuh hingga 7%.

Batas Pas Waktu Berolahra
ga

Banyak waktu berolahraga yang diperlukan untuk membantu menurunkan kadar kolesterol tinggi tentunya ada jumlah idealnya. Menurut panduan yang berlaku secara umum batas minimal waktu berolahraga yang pas selama sekitar 150 menit dalam seminggu. Waktu olahraga selama kurang lebih 150 menit dalam satu minggu sudah bisa untuk membakar kadar kolesterol tinggi dalam tubuh. Sampai mendorong jumlah kadar kolesterol tubuh menjadi stabil.

Tips Yang Bermanfaat Bagi Olahraga Yang Sehat

Melakukan olahraga harus pas dengan ukuran 150 menit perminggu. tetapi yang menjadi patokan ideal bereolahraga yaitu kurang lebihnya mendekati angka 150 menit. Berolahraga seperti ebrsepeda, berenang atau jogging secara terus menerus selama 20 menit setiap hari sudah mendekati batas pas dan mampu memberikan manfaat untuk membantu mempercepat penurunan kadar kolesterol jahat dalam tubuh.

Selain berolahraga penderita kolesterol tinggi juga harus memperhatikan gaya hidup sehat lainya dengan menerapkan makanan sehat seperti buah buahan salah satunya jereuk nipis dan sayur-sayuran. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar