Senin, 21 November 2016

Makanan Penyebab Kolesterol Tinggi

Makanan Penyebab Kolesterol Tinggi

Makanan Penyebab Kolesterol Tinggi -Kolesterol merupakan lemak yang ditemukan di dalam darah semua jenis binatang dan diperlukan untuk berfungsinya membran sel dan produksi hormon. Walaupun ada kasus tentang masalah kolesterol rendah, tetapi sangat jarang terjadi, sebab tubuh kita juga menghasilkan semua kolesterol yang kita butuhkan, sehingga tidak perlu untuk mengonsumsi terlalu banyak.

Konsumsi berbagai jenis makanan kolesterol tinggi secara berlebihan, terbukti menambah resiko penyakit jantung dan stroke. Kolesterol hanya didapat dari makanan yang terbuat dari hewani, dan dengan begitu, Vegetarian cenderung memiliki tingkat kolesterol nya rendah dari pada non-vegetarian

Nilai harian dari kolesterol dari makanan yang dibutuhkan oleh tubuh berdasarkan AKG (angka kecukupan gizi) yaitu 300 mg. Berikut merupakan makanan berkolesterol tinggi yang tidak baik apabila sering di konsumsi.

1. Kuning Telur

Memiliki kadar kolesterol makanan yang sangat tinggi yakni 1234mg per 100 gram porsi atau 411% dari jumlah harian yang dianjurkan. Sebuah kuning telur tunggal akan memberikan 210mg  (70% AKG) kolesterol, tetapi telur utuh memberikan sedikit lebih dengan 212mg (71% AKG). Dengan demikian semua kolesterol dalam telur ditemukan di dalam kuning telur. Apabila anda memakan telur di pagi hari, hindari memakan yang mengandung kolesterol tinggi di siang dan malam hari.

2. Kaviar

Makanan yang terbuat dari telur ikan ini memiliki kandungan tinggi kolesterol yakni 588mg/ 100 gram (196% AKG), atau sekitar 94mg kolesterol (31% AKG) per sendok makan.

3. Mentega

Ada banyaki yang menggunakan bahan dasar dari mentega seperti kue, biskuit, roti dll. 100 gram mentega mengandung sekitar 30mg kolesterol (10% AKG).

4. Jeroan Hati

Kolesterol di produksi di dalam hati, oleh sebab itu di dalam jeroan hati mengandung banyak kolesterol. Hati dari daging ataupun akan berisi 564mg kolesterol per 100 gram atau 188% AKG.

5. Udang

100 gram udang berisi 195mg kolesterol (65% AKG)

6. Kerang

Makanan kolesterol tinggi berikut ini bisa dimakan dalam keadaan mentah, dipanggang, dikukus, digoreng dll. Kerang adalah makanan lautyang enak, akan tetapi, apabila dikonsumsi secara berlebihan sebab didalam 100 gram kerang mengandung kolesterol sebanyak 105mg kolesterol (35% AKG)

7. Lobster

3 ons lobster mengandung kolesterol 61 mg (20% AKG)

8. Makanan Cepat Saji

Seperti kentang goreng, shake dan chesse burger juga merupakan salah satu makanan kolesterol tinggi. Jadi sebaiknya jangan terlalu banyak dikonsumsi. Untuk satu Chesse burger mengandung sekitar 100 mg kolesterol (33% AKG)

9. Keju 

Rata-rata keju mengandung kadar kolesterol tinggi yakni sekitar 123mg (41% AKG) per 100 gram keju.

10. Ayam Goreng 

Walaupun ayam dianggap sebagai pilihan makanan rendah lemak yang cukup baiktetapi cara pengolahan atau pemasakanya bisa membuat kadar kolesterol atau lemak menjadi tinggi. Contoh satu cangkir es krim  atau hamburger. Jika dimasak dengan cara di goreng akan semakin mengubahnya menjadi makanan tinggi kolesterol.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar