Kamis, 24 November 2016

Makanan Sehat Bagi Pasien Penderita Kolesterol Tinggi

Makanan Sehat Bagi Pasien Penderita Kolesterol Tinggi

Mengonsumsi makanan sehat bisa membantu mengurangi tingat kolesterol dalam darah.

Kolesterol bukan menjadi masalah orang tua saja, tetapi usia muda pun dapat menderita kolesterol. Penyebabnya bermacam-macam dan salah satunya yaitu kurang mengonsumsi makanan sehat. 

Banyak mengonsumsi makanan cepat saji bisa mengakibatkan kadar kolesterol. Apabila kolesterol sudah bersarang di tubuh maka bisa menyebabkan serangan jantung, stroke dan beberapa penyakit lainya. Apabila anda sudah terlanjur menderita kolesterol tinggi, sduah seharusnya anda menjaga makanan dengan mengonsumsi makanan sehat. 

Makanan Sehat Untuk Penderita Kolesterol

Untuk Menurunkan tingkat kolesterol tinggi, anda membutuhkan makanan yang sehat yang bisa menurunkan kolestero. Dibawah ini merupakan makanan baik untuk anda konsumsi :

1. Makanan yang mengandung kacang kedelai 

Makanan seperti puding kedelai tampa gula, susu kedelai, kacang edamame dan tahu mengandung Protein yang bisa mengurangi kolesterol dalam darah. Mengonsumsinya sebanyak 0.5 ons dalam sehari dapat mengurangi kolesterol anda setidaknya 6%.

2. Buah dan sayuran

Sudah terbukti bahwa sayur dan buah buahan merupakan makanan dengan lemak jenuh yang rendah. Apabila anda mengonsumsi lebih banyak maka anda akan lebih merasa kenyang sehingga mengurangi kemungkinan mengonsumsi makanan dengan lemak jenuh. Konsumsi makanan yang kaya akan serat contohnya brokoli,apel,pir,ubi,stroberry, dan terong bisa menurunkan kolesterol.

3. Kacang-Kacang

Kacang bisa mengurangi kolesterol sebab mengundang protein, Vitamin E, lemak tak jenuh, magnesium, serat, dan kalium. Anda bisa menurunkan kolesterol anda sebanyak 5% apabila mengonsumsi sekitar 1-2 ons kacang-kacangan dalam sehari. 

4. Jelai dan oat.

Mengonsumsi dua jenis makanan ini dapat mengikat kolesterol dalam usus dan mencegah diserap oleh tubuh. Hal ini terjadi sebab kedua jenis makanan ini mengandung serat yang disebut beta glukan. Konsumsi sekitar 3 gram makanan yang kaya akan beta glukan  dalam sehari dipercaya bisa mengurangi kolesterol dalam tubuh. Selain kedua jenis makanan ini, kacang merah juga memiliki serat larut. Anda dapat menjadikan bubur oat sebagai sarapan dan mencampurkanya dengan buah seperti pisang untuk menambahkan kadar serat dalam makanan Anda.

5. Ikan dan Asam Lemak Omega-3

Ikan seperti salmon, makarel, tuna, dan sarden memiliki asam lemak Omega-3 yang baik untuk menurunkan tekanan darah. Omega-3 memang tidak terpengaruh pada kadar kolesterol jahat (LDL) darah, tetapi bisa menurunkan resiko terbentuknya pembekuan darah. Konsumsilah setidaknya dua sampai 3 kali dalam satu minggu. Omega-3 mengurangi kemungkinan timbulnya serangan detak jantung tidak beraturan serta mengurangi kadar trigliserida dalam darah.

6. Avokad

Buah Avokad merupakan salah satu buah yang kaya kandungan lemak tak jenuh. Usahakan untuk mengonsumsi avokad dalam bentuk buah, bukan dalam bentuk jus yang sudah dicampur gula dan susu. Penderita kolesterol tinggi perlu membatasi asupan lemak jenuh. Batas asupan lemak jenuh pada wanita yaitu 20 gram, sedangkan batas untuk pria ytaitu 30 gram.

7. Makanan yang dipercaya sterol dan Stanol.

Kegunaan dari kedua unsur ini yaitu menghalangi tubuh untuk menyerap kolesterol. Makanan yang mengandung sterol dan stanol merupakan kacang-kacangan, biji-bijian, sayuran, buah, dan minyak nabati, kecuali minyak kelapa sakit dan minyak kelapa. Minyak kelapa sawit dan minyak kelapa merupakat jenis minyak nabati yang kaya akan lemak jenuh. Anda juga dapat mengonsumsi suplemen yang mengandung sterol dan stanol. Konsumsi setidaknya 2 gram sterol atau stanol dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah setidaknya seperpuluhnya.

Tiap makanan yang disebut di atas mempunyai manfaat tersendiri, tetapi perubahan gaya hidup juga membantu dalam menurunkan kolesterol tinggi. Selain mengubah menu makanan, menurunkan kolesterol tinggi dapat dibarengi dengan berolahraga secara rutin, menjaga bereat adan ideal dan berhenti merokok.

Tetapi apabila anda sudah menjalani hidup sehat dengan mengonsumsi makanan sehat dan melakukan olahraga, tetapi kolesterol anda masih saja tinggi, cobalah hubungi dokter anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar