Minggu, 18 Desember 2016

Kolesterol Tinggi Dapat Terjadi Pada Tubuh Kurus

Kolesterol Tinggi Dapat Terjadi Pada Tubuh Kurus - Selama ini banyak yang beranggapan bahwa hanya tubuh gemuk saja yang beresiko mengalami kolesterol tinggi. Padahal orang yang bertubuh kurus pun dapat mengalami kolesterol tinggi. 


Kadar kolesterol jahat atau LDL yangtinggi, merupakan salah satu faktor resiko terjadinya berbagai penyakit kardiovaskular, seperti stroke, penyakit jantung, bahkan demensia.

Salah satu tingginya kadar kolesterol dalam darah yaitu konsumsi makanan berlemak. Orang yang bertubuh kurus, justru seringkali mengabaikan pola makananya. Sehingga mengonsumsi makanan tidak sehat, yang mengandung banyak kolesterol. Maka anda yang bertumbuh kurus sebaiknya tetap memerhatikan pola makan anda sehari-hari.

"Selain itu hanya pola makan saja, stres juga bisa mengakibatkan tinggnya kadar kolesterol dalam darah,” ucap Rocksy F. Situmeang, Dokter Spesialis Saraf, Siloam Hospitals Lippo Village.

Bila Anda termasuk orang dengan tubuh yang kurus, namun memiliki pola makan yang tidak sehat, dan mudah stres, maka Anda bisa saja memiliki kadar kolesterol yang tinggi. Ketika stres, otak akan memproduksi hormon kortisol. 

Baca Juga
Hormon tersebut dapat meningkatkan kadar kolesterol dalam darah, meski tidak banyak mengonsumsi makanan berlemak. Jadi bukan hanya pola makan saja yang harus dijaga, tetapi Anda juga harus pandai mengelola stres. 

Rocksy juga menyarankan untuk memeriksakan kadar kolesterol secara berkala. Hal tersebut dapat menjadi rambu-rambu bagi kita agar terhindar dari berbagai penyakit kardiovaskular. 

Kadar kolesterol yang normal untuk LDL berkisar antara 100-129 mg/dL, sedangkan kadar HDL antara 40-50mg/dL. Dengan menjaga pola makan, gaya hidup, dan mengelola stres, maka Anda dapat memiliki kadar kolesterol yang normal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar